[Local]Televisi Pembodohan Nasional

Atau Televisi Bodoh Nasional? Nonton TVOne selalu bikin emosi. Sore ini program mengangkat kenaikan harga US dollar vis a vis Rupiah. Argumen penyiar adalah bahwa turunnya nilai Rupiah terhadap dollar menyulitkan masyarakat. Ada Kwik Kian Gie, yang berargumen bahwa rakyat sulit, dan menunggu gebrakan Jokowi misalnya melarang masuknnya buah impor sama sekali.

Pertama, yang kesulitan dengan naiknya nilai $ adalah orang yang komponen konsumsi barang impornya tinggi. Apakah ini orang miskin? NO! Ini adalah wartawan yang suka pakai barang impor, middle class yang komponen konsumsi impornya besar. Kalau orang kayak yang suka mejeng di majalah Tattler sih gak kena efeknya, their money are already in US$ and perhaps even overseas.

Kedua, yang kesulitan dengan naiknya nilai $ adalah orang yg HUTANGNYA banyak dalam dollar. Contohnya? Hehehe saya gak usah bilang, tau sendiri kan (dan hampir default gak bisa bayar hutang).

Ketiga, banyak yang senang dengan dollar mahal. Pertama, orang2 yg ekspor (dan bahan bakunya komponen lokal) karena produknya semakin bersaing di pasar ekspor. Di dalam negeri, produk-produk lokal juga semakin berdaya saing dengan produk impor. Bayangkan, dulu harga lipstick Sariayu Rp35 ribu dibandingkan dengan harga lipstick MAC di bawah Rp200rb. Sekarang, lipstick Sariayu Rp35rb dan lipstick MAC menembus Rp300rb. Kalau anda punya anggaran satu juta rupiah untuk membeli kado natal untuk 5 orang, tebak produk mana yang anda akan beli, produk impor atau buatan dalam negeri?

Keempat, kalau anda sekarang merasa SULIT dengan dollar naik, mendukung kebijakan ala Kwik Kian Gie dengan menutup keran impor sama sekali akan membuat anda MATI. Jadi adalah kebodohan kalo dalam satu kata bilang lho kok sekarang sulit, di lain pihak bilang ayo jadikan keadaan semakin sulit. But you know what, those folks are too ignorant to understand their fallacy of argument. *geleng-geleng*

Tahu gak kayak gimana negara yang tertutup keran impornya? Coba cek bagaimana orang di Kuba dan Korea Utara hidup. Mau seperti itu? Kalau saya sih ogah, anda saja pindah ke sana, sekeluarga TVOne lebih bagus lagi.

 

Thoughts? Leave a comment!