Salah kaprah tentang rambut dan kuku

Seperti kuku, rambut yang sudah ada di atas kulit, adalah sel mati. Mati. Killed. Dead. Apakah benda mati bernapas? Makan? Minum? Ikut lomba lempar lembing??

Bila demikian, apakah berarti tidak ada gunanya dan tidak perlu perawatan? Tentu tidak. Tapi salah kaprah kalau perawatannya untuk memberi nutrisi, membiarkan bernapas, etc. Memangnya dukun, mau membangkitkan benda mati? Plus kalau memang mau dibangkitkan ya mbok yang lain gitu, yg lebih berharga dan menarik misal err…..

Jadi bagaimana perawatannya? Ya tentu apa tujuan yang dikehendaki? I’m a nail polish addict, so my nails are the canvas I need to show off the polish. Jadi harus kuat, keras, dan permukaannya smooth. Kuat dan keras berarti pori2nya harus diisi. Pakai apa, ya macam-macam, perlu eksperimen. Karena contohnya nih, sponge mandi kan berpori-pori sehingga bisa menyerap …sesuatu. Untuk melakukan … sesuatu. Bisa menyerap air, minuman anggur, darah, dll. Kalo tujuan untuk lap jendela, yang mboros banget kalo diisi Sangria kan. Kecuali memang Sangria anti kotor dan kaca bisa bersih berminggu-minggu, boleh deh dilakukan. Or unless you have so much money you don’t know what to do with it.

So it’s a waste to shower nails and hair with nutrients, etc, because they’re dead. Killed.

Nutrisi itu diperlukan sebelum rambut atau kuku keluar dari permukaan kulit (killed!). But that’s for another blog post.

2 thoughts on “Salah kaprah tentang rambut dan kuku”

  1. kata siapa rambut dan kuku yg sudah tumbuh tidak bisa menyerap nutrisi?

    Rambut dan kuku, meskipun nyawanya ada di akarnya, bukan berarti mereka mati begitu saja..

    Rambut bisa menyerap pigmen warna, sehingga dia bisa diwarnai…
    Dan kuku, bisa menyerap warna henna/mahendi..
    Kalau kita mandi/keramas maka kuku dan rambut akan melunak karena mereka menyerap air…
    Itu pertanada mereka bisa menyerap sesuatu yg ada di atas mereka.

    kalau air dan zat pigmen saja bisa terserap rambut dan kuku, bagaimana nutrien dan vutamin yg secara kimiawi molekulnya lebih kecil?

    serum/vitamin yg kamu oles di kuku maupun di rambut, itu sama sekali ga useless kok…

    1. saya kan tidak bilang tidak bisa menyerap apapun. tapi salah kaprah kalau memberi ‘nutrisi’, coz they are dead. you are wasting your money kalau memberi nutrisi ke kuku dan rambut, yg sudah mati itu, dgn harapan bisa tumbuh sehat. nutrisi diberikan pada saat dia masih di bawah lapisan kulit. nutrisi gak akan terserap oleh kuku dan rambut lantas dibawa ke akar. yg terjadi, mungkin nutrisi terbawa dengan sisir ke kulit kepala dan terserap. itupun sisa2. coba cross check pendapat saya ini ke sumber lain ya, so you wont waste your money.

Thoughts? Leave a comment!